No image available for this title

Text

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS X MAS DARUSSYARI'AH BANDA ACEH (Nomor Skripsi 36)



ABSTRAK


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pendekatan CTL pada materi hidrokarbon di kelas X MAS Darussyari`ah Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, (3) tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MAS Darussyari`ah Banda Aceh pada tanggal 28-29 Mei 2012. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa MAS Darussyari`ah Banda Aceh kelas X dan yang menjadi sampel adalah kelas XA dan XB. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, Angket dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Data observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan Teknik analisis hasil belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik uji t, pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 37. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel 3,09> 1,68, untuk signifikan 0,05 menunjukan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis menyatakan “terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen (XA) yang menerapkan pendekatan CTL dengan siswa kelas kontrol (XB) yang tidak menerapkan pendekatan CTL pada materi hidrokarbon. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hasil belajar siswa lebih tinggi setelah diterapkannya pendekatan CTL, aktivitas siswa dari dua orang pengamat 82,50% untuk kelas eksperimen dan 65,62% untuk kelas Kontrol, dan hasil respon siswa positif sebesar 89 %.

Kata kunci: Pendekatan CTL , aktivitas siswa, hasil belajar, Respon siswa.


Ketersediaan

0032634 KKI 0012x4.72/SEP/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
32632/2x4.72/SEP/p
Penerbit TARBIYAH PKM : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x; 150 hlm; 21 cm; bibiliografi; hlm 82
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x4.72
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this