Detail Cantuman  |  UPT. PERPUSTAKAAN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Advanced Search Beranda depanText
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH
ABSTRAK
Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor sekolah semakin banyak dan luas, kepala sekolah bukan hanya bertanggung jawab atas kelancaran sekolah dibidang teknis dan akademis saja banyak timbul masalah baru dalam lingkungan sekolah yang harus dipecahkan dan dilaksanakan,seperti kekurangan ruang belajar, gedung sekolah yang rusak, perlengkapan gedung yang sangat kurang dan belum memenuhi syarat, serta kekurangan tenaga guru yang profesional dalam menjalankan tugas sebagai pendidik dan kesulitan dalam memahami kurikulum. Untuk menyelesaikan permasalahan yang demikian rumit tentu membutuhkan seorang pemimpin sekolah yang sangat ahli dalam menjalankan tugas sebagai seorang supervisor sekolah, karena kepala sekolah mepunyai peran yang sangat vital dalam peningkatan kualitas pedidikan disekolah yang dpimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disebut dengan trigulasi metode. Subjek penelitian dalan penelitian ini adalah kepala sekolah dan dua dewan guru yang dianggap paling tepat untuk memperoleh data. Adapun data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah: memberi kode, editing, klasifikasi, dan pemberian makna. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah di SMA Inshafuddin Banda Aceh sebagai supervisor sekolah selalu mengawasi dan mengkoordinir setiap program belajar mengajar sekolah serta meberi bantuan, arahan, bimbingan, kepada para dewan guru baik mengenai permasalahan kurikulum maupun metode mengajar. Kepala sekolah SMA Inshafuddin Banda Aceh berfungsi sebagai pemimpin kelompok, yang melibatkan semua staf sekolah dalam setiap kegiatan sekolah, membangun kerja sama yang baik antar setiap staf sekolah serta mencari dan menentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh sekolah demi meningkatkan kualitas pendidikan
Ketersediaan
0033485KKI01 | 371.14/MUH/p | Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Ruang Skripsi) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
371.14/MUH/p
|
Penerbit | Fakultas Tarbiyah : Banda Aceh., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xi; 83 hlm; 29 cm; Bibliografi 85
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
371.14
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain