No image available for this title

Text

METODE BIMBINGAN MEMBACA MURID TK FATHUN QARIB DARUSSALAM BANDA ACEH (Studi Kasus di Taman Kanak-kanak Fathun Qarib Darussalam Banda Aceh)



ABSTRAK
Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Taman Kanak-Kanak dalam Pembelajaran Kemampuan Berbahasa melalui Penerapan Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-Kanak Fathun Qarib Darussalam Banda Aceh), Pembelajaran kemampuan berbahasa di Taman Kanak-Kanak semestinya ditekankan pada suasana pembelajaran yang lebih memungkinkan siswa terlibat secara aktif dan menyenangkan, sementara itu yang terjadi di Taman Kanak-Kanak Fatun Qarib tidak jarang aktivitas pembelajaran masih mengadopsi pola-pola lama pembelajaran di sekolah-sekolah dasar. Siswa cenderung pasif. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan atau peluang kepada siswa untuk lebih aktif, berminat dan menyenangkan. Cara tersebut di tempuh dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pembelajaran membaca permulaan dengan media gambar secara klasikal maupun secara kelompok dan dalam proses terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. Untuk mencapai tujuan itu dilakukan penelitian tindakan kelas, peneliti dibantu guru Taman Kanak-Kanak Fathun Qarib Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Siklus pertama di titik beratkan pada peningkatan partisipasi dan kemampuan membaca dalam permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dan siklus kedua pada peningkatan membaca. Setiap siklus terdiri atas tahapan , persiapan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa pembelajaran membaca siswa Taman Kanak-Kanak Fathun Qarib dari 100℅ hanya 90℅ sudah bisa membaca yang ada di kelas B. permulaan dengan media gambar secara klasikal siswa yang pemalu cenderung pasif sehingga ketika guru memberi tugas siswa untuk mencocok kartu kata dengan gambar siswa tidak mau dan perhatian sebagian siswa kurang terfokus dalam pembelajaran ini dan kemampuan membacanya masih didominasi oleh siswa-siswa yang aktif. Dengan pembelajaran kemampuan membaca dengan media gambar secara kelompok siswa diajak untuk melakuakn permainan mencocokkan kartu kata dengan gambar dengan teman sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Kreativitas siswa, rasa malu siswa dapat diatasi dan kemampuan membaca siswa meningkat serta suasana pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.


Ketersediaan

0033494KKI01372.4/ADI/mPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Ruang Skripsi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
372.4/ADI/m
Penerbit Fakultas Tarbiyah : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
ix; 49 hlm; 29 cm; Bibliografi 51
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this