Detail Cantuman  |  UPT. PERPUSTAKAAN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Advanced Search Beranda depanText
PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR
ABSTRAK
Nama : Hermaliza
NIM : 261020706
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Matematika Judul : Penerapan Model Tutor Sebaya pada Materi Teorema Pythagoras untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar
Tanggal Sidang : 27 Januari 2015 Tebal Skripsi : 72 Halaman Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Faisal, M.Pd Kata Kunci : Model Tutor Sebaya, Teorema Pythagoras
Proses pembelajaran matematika yang berlangsung satu arah dan dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab kurang minatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Sehingga hasil belajar yang diharapkan kurang memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model tutor sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi teorema Pythagoras?; (2) Apakah model tutor sebaya dapat menuntaskan hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket, kemudian data tes dianalisis menggunakan statistik parametris sedangkan observasi dan angket dianalisis menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara individual ( 75) dan secara klasikal (86,10%) dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5 > 1,68. Sesuai dengan kriteria pengujian didapat thitung = 2,5 dan ttabel = 1,68, ini berarti t berada di daerah penolakan Ho. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model tutor sebaya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model tutor sebaya pada materi teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Kuta Baro.
Ketersediaan
0033531KKI01 | 511.3/HEL/p | Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
33531/511.3/HEL/p
|
Penerbit | TARBIYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA : Banda Aceh., 2015 |
Deskripsi Fisik |
xv; 83 hlm; 30 cm; Bibliografy 82
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
511.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain