No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR



ABSTRAK
Nama : Hermaliza
NIM : 261020706
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Matematika Judul : Penerapan Model Tutor Sebaya pada Materi Teorema Pythagoras untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar
Tanggal Sidang : 27 Januari 2015 Tebal Skripsi : 72 Halaman Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Faisal, M.Pd Kata Kunci : Model Tutor Sebaya, Teorema Pythagoras
Proses pembelajaran matematika yang berlangsung satu arah dan dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab kurang minatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Sehingga hasil belajar yang diharapkan kurang memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model tutor sebaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi teorema Pythagoras?; (2) Apakah model tutor sebaya dapat menuntaskan hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras?. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan metode quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan angket, kemudian data tes dianalisis menggunakan statistik parametris sedangkan observasi dan angket dianalisis menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara individual ( 75) dan secara klasikal (86,10%) dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,5 > 1,68. Sesuai dengan kriteria pengujian didapat thitung = 2,5 dan ttabel = 1,68, ini berarti t berada di daerah penolakan Ho. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan model tutor sebaya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model tutor sebaya pada materi teorema Pythagoras di SMP Negeri 2 Kuta Baro.


Ketersediaan

0033531KKI01511.3/HEL/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33531/511.3/HEL/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xv; 83 hlm; 30 cm; Bibliografy 82
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
511.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this