No image available for this title

Text

PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII MTsN KUTA BARO



ABSTRAK
Nama : Riza Hasnul
NIM : 261020760
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Matematika
Judul : Penerapan Metode Inquiry Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTsN Kuta Baro
Tanggal Sidang : 29 Januari 2015 M / 8 Rabiul Akhir 1436 H
Tebal Skripsi : 158 Halaman
Pembimbing I : Drs. Adnan Ismail, M.Pd
Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, M.Pd
Kata Kunci : Penerapan Metode Inquiry

Teorema Pythagoras salah satu materi pembelajaran matematika yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII SMP/MTs. Namun siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep Pythagoras. Penggunaan metode inquiry merupakan salah satu yang dapat diterapkan pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inquiry pada materi teorema Pythagoras. Rancangan dalam penelitian ini bersifat pre experimental, yaitu one – group pre – test – post – test design, satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (tes awal), kemudian diberikan kegiatan pembelajaran Teorema Pythagoras dengan menggunakan metode Inquiry dan diukur kembali variabel dependennya (tes akhir), tanpa ada kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Kuta Baro, sedangkan yang menjadi sampel adalah salah satu kelas VIII MTsN Kuta Baro yaitu kelas VIII5. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil pengolahan data, aktivitas siswa pada umumnya aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dan sangat baik, respon siswa terhadap penerapan metode inquiry sangat positif, Sedangkan pengolahan data menggunakan presentase dan dengan menggunakan uji t dan α = 0,05 atau 5%. Tolak hipotesis pengujian jika thitung≤〖-t〗_((t-α)) dan terima H_0 dalam hal lainnya. Diperoleh t_hitung=2,88 dan 〖-t〗_tabel=-1,75 sehingga t_hitung>-t_tabel yaitu 2,88>-1,75. Dengan demikian H_0 diterima dan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas (87,5 %). Hasil analisis data ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode inquiry pada materi teorema Pythagoras dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di MTsN Kuta Baro.


Ketersediaan

0033543KKI01516/RIZ/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33543/516/RIZ/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xvi; 84 hlm; 30 cm; Bibliografy 82
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
516
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this