No image available for this title

Text

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA



ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari wawancara peneliti dengan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 5 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya bahwa hasil belajar PAI siswa masih banyak yang belum mencapai nilai yang maksimal. Hal ini dikarenakan guru cenderung menggunakan model pembelajaran yang berlangsung satu arah. Adapun salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah yang dihadapi siswa dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Permasalahan yang di rumuskan peneliti adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Baru dan (2) Bagaimanakah respon siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Baru dalam penerapan model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI siswa melalui penerapan model pembelajaran tipe make a match di kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Baru dan respons siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Baru dalam penerapan model pembelajaran make a match. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIc SMP Negeri 5 Bandar Baru sebanyak 29 orang. Instrument yang digunakan adalah tes di setiap RPP, tes akhir, angket dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Aktivitas guru meningkat dari 2,66% pada siklus I, menjadi 3,44% pada siklus II, dan 3,88% pada siklus III. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 2,00 pada siklus I, menjadi 3,54 pada siklus II dan 3,81 pada siklus III. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada tes tahap RPP I, 77,89%, sedangkan pada tahap RPP II, 83,06%, tahap RPP III, 83,79% dan pada tahap tes akhir 86,62%. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran make a match. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa di kelas VII SMP Negeri 5 Bandar Baru.


Ketersediaan

33575KKI01371.1/YUY/ePerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.1/YUY/e
Penerbit Fakultas Tarbiyah : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xi; 89 hlm; 29 cm; Bibliografi 84
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this