No image available for this title

Text

KOMUNIKASI DALAM KELUARGA MENURUT PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TEMATIK)



ABSTRAK
Komunikasi dalam keluarga menurut perspektif pendidikan Islam merupakan inti keharmonisan hubungan dalam keluarga. Namun demikian, sebagian angota keluarga tidak dapat minghindari adanya perselisiahan. Perselisihan tersebut disebabkan komunikasi dalam keluarga yang tidak sehat atau kurang bersahaja. Dilihat dari segi pendidikan Islam bahwa rumah tangga merupakan tempat berlangsungnya aktifitas pendidikan terhadap keluarga.

Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pola/cara komunikasi dalam keluarga dilihat dari segi pendidikan Islam? Bagaimana peran keluarga dalam berkomunikasi menurut perspektif pendidikan Islam? Upaya apa saja yang dilakukan dalam keluarga sehingga komunikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan perspektif pendidikan Islam?

Penelitiani ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Data dikumpulkan melalui membaca, menela’ah bahan-bahan dari buku-buku, kitab-kitab, dan literatur-literatur lainnya yang berhubungan dengan pembahasan skripsi ini.

Hasil penelitian ditemukan bahwa komunikasi dalam keluarga mengandung nilai-nilai yang dapat menuntun kehidupan keluarga kepada kebahagiaannya. Komunikasi dalam keluarga menurut perspektif pendidikan Islam sangat berperan dalam membentuk dan membina anggota keluarga agar menjadi sebuah keluarga yang sesuai dengan ajaran syari’at Islam. Upaya keluarga agar komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik dengan cara menyampaikan pesan-pesan dengan menggunakan media yang baik. Untuk menerapkan pola dan mencapai nilai-nilai tersebut, kiranya media komunikasi dalam keluarga adalah bahasa lisan dan tingkah laku terpuji, tetapi pemanfaatan media lain juga dapat berdampak positif bagi kehidupan keluarga.



Ketersediaan

0033580302.2/ASP/kPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Ruang Skripsi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
302.2/ASP/k
Penerbit Fakultas Tarbiyah : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
ix; 75 hlm; 29 cm; Bibliografi 70
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
302.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this