No image available for this title

Text

PESAN-PESAN DAKWAH DALAM BAIT-BAIT HADIH MAJA (STUDI PEMAHAMAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN AR-RANIRY TERHADAP HADIH MAJA)



ABSTRAK
Hadih Maja tidak terlepas dari pesan-pesan dakwah yang menjadi pokok permasalahan implementasi syariat Islam di Aceh. Adapun pesan-pesan dakwah yang disampaikan melalui hadih maja mencakup tentang masalah aqidah (keimanan), syariah, dan masalah akhlaq. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap hadih maja dan mengetahui dan menjelaskan pesan-pesan dakwah apa saja yang terdapat dalam bait-bait hadih maja dalam naskah buku hadih maja karya Iskandar Norman. Untuk Mengetahui sejauhmana pengetahuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap hadih maja dan pesan apa saja yang terkandung dalam hadih maja dalam naskah buku hadih maja karya iskandar norman menggunakan metode penelitian studi pustaka dan survey lapangan. Sedangkan untuk menganalisis isi pesan-pesan dakwah yang terdapat bait-bait hadih maja dalam naskah buku hadih maja karya Iskandar Norman menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan teknik analisis isi. Sampel yang digunakan adalah 50 orang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam bait-bait hadih maja dalam naskah buku karya Iskandar Norman yaitu adat istiadat yang menjadi kebiasaan masyarakat Aceh, aturan tentang syariat islam yang berlaku dalam masyarakat Aceh, adat, hukum, qanun, dan resam. Perangai dan tingkah laku yang sering dilakukan masyarakat Aceh. Pengetahuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi terhadap hadih maja, yaitu mengetahui pengertian hadih maja. Mengetahui jumlah bait dalam hadih maja sama dengan puisi dalam bahasa Indonesia. Hadih maja dapat membantu penyelesaian masalah di lingkungan sekitar. Hadih maja digunakan sebagai media penyampaian pesan-pesan dakwah di daerah ACEH.


Ketersediaan

0033662KKI012x4.24/JUN/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33662/2x4.24/JUN/p
Penerbit DAKWAH KOMUNIASI PENYIARAN ISLAM : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
vii; 64 hlm; 30 cm; Bibliografy 62
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x4.24
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this