No image available for this title

Text

ELEMEN-ELEMEN JURNALISME DAMAI PADA PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA (ANALISIS ISI EDISI MARET 2012 TERKAIT ISU PILKADA ACEH)



ABSTRAK


Penelitian ini berjudul Elemen-Elemen Jurnalisme Damai pada Pemberitaan Harian Serambi Indonesia (Analisis Isi Edisi Maret 2012 terkait Isu Pilkada Aceh), yang bertujuan untuk mengetahui apa saja elemen jurnalisme damai yang dilengkapi harian tersebut dalam berita konflik terkait Pilkada Aceh 2012. Pertanyaan yang diajukan adalah: apa saja berita yang dipublikasi terkait Pilkada Aceh selama Maret 2012; apakah berita-berita tersebut telah dilengkapi keseluruhan elemen jurnalisme damai; serta apa saja elemen jurnalisme damai yang diterapkan harian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data purposive sampling, dokumen, dan wawancara. Dari penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dari 30 berita, tidak semuanya memenuhi elemen-elemen jurnalisme damai. Elemen yang paling sedikit diterapkan adalah “elemen masyarakat diorientasikan”. Sedangkan tiga elemen lainnya (perdamaian diorientasikan, kebenaran diorientasikan, dan penyelesaian diorientasikan) relative lebih banyak.
Kata kunci: elemen-elemen jurnalisme damai.


Ketersediaan

0033663KKI01070.4/SIT/ePerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33663/070.4/SIT/e
Penerbit DAKWAH KOMUNIASI PENYIARAN ISLAM : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
vi; 88 hlm; 29 cm bibliografy 87
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
070.4
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this