No image available for this title

Text

KORELASI PREMARITAL CHEK UP TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Komplek Perumahan Kepolisisan Lamteumen Banda Aceh)



RELASI PREMARITAL CHECK UP TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA
( Studi Kasus di Komplek Perumahan Kepolisian Lamteumen Banda Aceh )

Nama / Nim : Musdi / 110908187
Fakultas / Prodi : Syari’ah / Hukum Keluarga
Tanggal munaqasyah : 25 Juli 2014
Tebal skripsi :
Pembimbing I : Khairani M.Ag
Pembimbing II : Syuhada S.Ag, M.Ag


ABSTRAK


Pernikahan merupakan suatu peristiwa kehidupan yang membahagiakan. Begitu indah dan istimewanya bagi calon mempelai, sehingga peristiwa tersebut akan dipersiapkan secara sungguh-sungguh diantaranya adalah kesehatan yang terjamin dalam sebuah keluarga. Berawal dari adanya Peraturan KAPOLRI No 9 Tahun 2010 BAB II Pasal 6 Poin (i) memerintahkan adanya surat keterangan dokter tentang kesehatan calon suami/isteri untuk menyatakan sehat dan khusus bagi calon isteri melampirkan tes urin untuk mengetahui kesuburan sebagai syarat administrasi yang wajib dilampirkan. Bertolak dari permasalahan tesebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji adakah hubungan yang positif dan signifikan antara persyaratan pernikahan bagi anggota polri melalui Premarital Check Up dengan keharmonisan rumah tangga, dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap Premarital Check Up sebagai syarat pernikahan anggota polri jika dilakukan untuk usaha membentuk keluarga yang harnonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. data yang diperoleh kemudian diolah melalui proses editing dan klasifikasi data. Analisis data berdasarkan teori atau konsep umum yang diaplikasikan untuk menjelaskan data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemeriksaan kesehatan sebelum pernikahan berperan penting dan signifikan sebagai langkah awal dalam pembentukan keluarga sakinah, karena kesehatan merupakan salah satu indikator dari keluarga sakinah. Melalui pemeriksaaan kesehatan akan dapat diketahui penyakit-penyakit yang dapat mengancam kelangsungan dan ketenangan sebuah keluarga. Dalam hal ini patutlah jika ungkapan “sedia payung sebelum hujan” dikatakan sebagai suatu usaha yang bijak. Disarankan kepada institusi-institusi yang berkaitan dengan pernikahan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas.


Ketersediaan

0033667KKI01306.81/MUS/kPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33667/306.81/MUS/k (HUKUM KELUARGA ISLAM)
Penerbit SYARIAH HUKUM KELUARGA ISLA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xi; 72 hlm; 30 cm; Bibliografy 69
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
306.81
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this