No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 BANDA ACEH



ABSTRAK
Nama : Lisa Riskiana
Nim : 261020704
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Matematika Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Bangun Ruang di Kelas
VIII SMP Muhammadiyah 1 Bnada Aceh.
Tanggal Sidang : 20 Januari 2015 M / 29 Rabi’ul Awal 1436 H Tebal Skripsi : 204 Halaman
Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M. Kes Pembimbing II : Kamarullah, M. Pd
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Auditory Intellectually repetition
(AIR)
Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang, pada materi limas. Limas memiliki beberapa bentuk seperti: limas segi-tiga, limas segi-empat, limas segi-lima, hingga limas segi-n. Banyaknya bentuk tersebut menyebabkan siswa cenderung salah dalam memahami konsep-konsep yang berkenaan dengan limas sehingga salah pula dalam penggunaan rumusnya, serta kebanyakan siswa tidak memahami dengan benar konsep luas dan keliling bidang datar yang telah dipelajari di kelas VII. Hal ini membuat siswa tidak mampu memecahkan masalah atau soal-soal yang berkenaan dengan materi limas, Mengatasi kesulitan tersebut, guru harus menggunakan model yang sesuai dengan materi yang akan dipelajari, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi bangun ruang. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan adalah Auditory Intellectually Repetition (AIR). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil belajar siswa pada materi limas setelah diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, untuk mengetahui aktifitas siswa selama proses pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa, dan untuk mengetahui perbedaan/perbandingan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh setelah penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually repetition (AIR) pada materi limas di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen (Pre-Test-Post-Test control group design). Mengingat populasi yang hanya dua kelas, maka seluruh populasi dijadikan sampling (total sampling). yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa observasi kegiatan guru, observasi kegiatan siswa, respon siswa dan tes dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model AIR adalah baik, skor rata-rata yang diperoleh guru dari setiap RPP yaitu 4,23. Berdasarkan waktu ideal, aktifitas siswa untuk masing-masing kategori pada RPP adalah efektif dan
v



respon siswa mendapat respon yang positif. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji dua pihak. Berdasarkan penelitian diperoleh > yaitu 2,93 > 2,01 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi limas di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Banda Aceh.


Ketersediaan

0033679KKI01516.2/LIS/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (R)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
516.2/LIS/p TARBIYAH PENDIDIKAN MATEMATIKA
Penerbit TARBIYAH PMA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xiv; 187 hlm; 29 cm; Bibliografi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
516.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this