No image available for this title

Text

OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK BANK GARANSI PADA BANK ACEH SYARIAH BANDA ACEH



RINGKASAN LAPORAN

Nama : Abrar Putra
NIM : 041000459
JudulLaporan : OptimalisasiPemasaranProduk Bank
Garansi Di Bank Aceh Syariah
Hari/TanggalSidang : Kamis/24 Juli 2014
Penguji I : EMK. Alidar, S.Ag, M.Hum
Penguji II : Safira Mustaqilla, S.Ag, MA

Bank Aceh Syariah merupakan salah satu bank yang menjalankan fungsi perbankannya berdasarkan prinsip Syariah.Produk yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan perbankan syariahlainnya, namun hal yang menarik pada Bank Aceh Syariah ini terletak pada produk bank garansinya yang memiliki tiga variasi bagi hasil yang berbeda.Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan pengamatan secara khusus dan meneliti tentang mekanisme dan manfaat dari tiga variasi bagi hasil tersebut dari segi custumer. Penulis melaksanakan kerja praktik lapangan di Lembaga Keuangan Bank Aceh Syariah yang beralamat di jln. T. Hasan Dek No. 42-44, selama satu setengah bulan terhitung dari tanggal 18 Februari 2013 sampai dengan 30 Maret 2013. Dari hasil pengamatan dan penelitian yang penulis lakukan, penulis merumuskan tiga rumusan masalah, yaitu: Bagaimana strategi pemasaran harga yang diterapkan pada produk Bank Garansi di Bank Aceh Syariah? Serta bagaimana pengaruh variable tiga jenis rasio bagi hasil terhadap peningkatan jumlah nasabah pada produk Bank Garansi di Bank Aceh Syariah? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penulis melakukan sederet penelitian dengan menggunakan media penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, yang meliputi: observasi (pengamatan), wawancara, dan mengumpulkan data-data yang dihimpun oleh Bank Aceh Syariah sebagai dokumentasi perusahaan. Sehingga dengan jalan penelitian tersebut penulis menyimpulkan bahwa teknik marketing produk bank garansi pada Bank Aceh Syariah direalisasikan dengan membagi tiga variable bagi hasil dengan jumlah dan tenggang waktu yang berbeda. Ketiga variasi tersebut adalah: Bagi hasil sebesar 0,5% dengan jangka waktu 0 bulan hingga 3 bulan, Bagi hasil sebesar 0,75% dengan jangka waktu 0 bulan hingga 6 bulan dan Bagi hasil sebesar 1% dengan jangka waktu 1 tahun. Keuntungan kedua yang diraih oleh Bank Aceh Syariah yaitu dengan menerapkan tiga variable bagi hasil ini, Bank Aceh Syariah dapat mengantisipasi terjadinya pembiayaan macet ketika masa angsuran nasabah berlangsung. Sedangkan untuk nasabah, keuntungan dari variable bagi hasil ini adalah nasabah mendapatkan keuntungan berupa penyesuaian pembayaran angsuran sesuai dengan kemampuan keuangan perusahaan berdasarkan 3 vaiable yang berbeda. Hal ini tentu sangat membantu investor untuk menyesuaikan fix cost proyek per bulannya dengan jumlah estimasi pengeluaran yang stabil dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan proyek yang sedangdijalankan. Manfaat yang dirasakan oleh para customer dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah nasabah pada jenis produk ini yaitu: Pada tahun 2010 nasabah produk Bank Garansi pada Bank Aceh Syariah berjumlah 181 orang. Seiring berjalannya waktu, jumlah nasabah meningkat pada tahun 2011 menjadi 242 orang. Puncak daripeningkatan jumlah nasabah tersebut terjadi pada tahun 2012, jumlah nasabah menjadi 315 orang. Dengan adanya variable ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi Bank Aceh Syariah untuk dapat tumbuh lebih baik lagi dan memancing pertumbuhan jumlah nasabah.


Ketersediaan

0033702KKI01332.3/ABR/oPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33702/332.3/ABR/o D3 PERBANKAN
Penerbit SYARIAH D3 PERBANKAN : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x; 46 hlm; 30 cm; Bibliografy 45
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
332.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this