No image available for this title

Text

PEMANFAATAN MEDIA STRIP STORY PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MTsS AL-MANAR (Nomor Skripsi 59)



ABSTRAK



Dalam penelitian ini, Strip Story adalah suatu media pembelajaran berupa potongan-potongan ayat At-Takatsur dan digunakan untuk memudahkan siswa dalam menghafal Al-Qur’an Hadits. Melalui media ini, kegiatan pembelajaran semakin mudah dan menyenangkan serta dapat dijadikan solusi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dimana siswa merasa senang, aktif, tidak jenuh, dan yang paling penting peserta didik tidak akan mengalami kesulitan dalam hafalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media strip story dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam penerapan media strip story. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen berupa one group pre-test dan post-test design. Subyek penelitian adalah siswa kelas II-B yang berjumlah 20 santriwan. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara tak berstruktur. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan penerapan media pembelajaran strip story sebagai upaya untuk meningkatkan hafalan peserta didik di MTsS Al-Manar ditunjukkan adanya peningkatan skor tes akhir dari tes awal. Peningkatan tersebut diketahui dari nilai rata-rata pada masing-masing tes yaitu pre tes sebesar 73.25 meningkat menjadi 79.5 pada pos tes. Hal ini kemudian diperkuat oleh hasil uji t hitung pada taraf signifikan 0,05 (95%) dimana thitung > ttable atau 20.36 > 2,093 yang berarti Ha diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak singga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan hafalan siswa setelah diberlakukannya media strip story dalam pembelajaran Al-Quran Hadits. Adapun berdasarkan hasil uji gain ternomalisasi, peningkatan yang terjadi berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 7.07%. Selanjutnya, berdasarkan evaluasi hasil observasi dan diskusi dengan guru kolaborator, didapatkan informasi bahwa terjadi peningkatan kemampuan hafalan siswa setelah diberlakukannya pembelajaran Al-Quran Hadits dengan menggunakan media strip story. Skor yang diperoleh siswa pun telah memenuhi nilai indeks KKM yang ditentukan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada permasalahan yang dihadapi siswa berkenaan dengan kemampuan mereka terhadap penerapan kaidah tajwid serta makhraj yang sesuai, baik dan benar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain: 1) Meninjau kembali rencana pelaksanaan pembelajaran, dan 2) Peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan kaidah tajwid dan makhraj yang baik dan benar.


Ketersediaan

0033710KKI012X1.3Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X1.3
Penerbit TARBIYAH PAI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xi, 70 Hal.: 30 cm, Biblio: 69-70
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this