No image available for this title

Text

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA PRILAKU MUSLIMAH DALAM PEMILIHAN KOSMETIK (Studi Kasus Pada Mahasisiwa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry)(Nomor Skripsi 60)



ABSTRAK

Nama : Puri Maghfirah
NIM : 121108942
Fakultas/Jurusan : Syari’ah dan Hukum/ Hukum Ekonomi Syari’ah
Judul : Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pola Perilaku Muslimah dalam Pemilihan Kosmetik (Studi Kasus pada Mahasisiwi Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry)
Tanggal Munaqasyah : 03 Agustus 2015
Tebal Skripsi : 74 Halaman
Pembimbing I : Dra. Hj. Soraya Devy, M. Ag
Pembimbing II : Bukhari Ali, S. Ag, MA

Kata Kunci : Hukum Islam, Perilaku Muslimah, dan Pemilihan Kosmetik

Kosmetik adalah suatu benda yang digunakan untuk merawat kesehatan tubuh. kosmetik itu digunakan oleh siapa saja tanpa batasan usia maupun jenis kelamin baik itu untuk anak-anak, dewasa maupun orang tua bahkan lelaki pun juga menggunakan kosmetik untuk merawat kesehatan tubuh dan kulit mereka. Dalam Islam diatur tentang cara memilih barang untuk dibeli ataupun dimiliki seperti halnya syarat dari jual beli terdapat membeli barang harus yang halal dan barang tersebut harus suci dan bersih. Namun kini, tidak sedikit kosmetik palsu beredar di pasaran, terutama kosmetik yang mengandung bahan-bahan atau materi kimia yang berbahaya bagi tubuh. Kemudian Memilih kosmetik hanya berdasarkan informasi iklan atau trend merupakan suatu tindakan yang tidak objektif. Penelitian tertarik untuk mengkaji bagaimana perilaku Mahasisiwi Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry dalam mengkonsumsi kosmetik ditinjau menurut hukum Islam dan apa faktor yang mempengaruhi perilaku Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum dalam memilih kosmetik. Metode digunakan adalah metode deskriptif, metode deskriptif merupakan metode yang digunakan untuk memecahkan masalah aktual dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasikan, menganalisis, serta menginterprestasikannya Untuk memperoleh jawaban tersebut peneliti mengunakan Kuesioner sebagai data yang diperoleh dari Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Hukum, kemudian mengolah data tersebut menggunakan program aplikasi SPSS Versi 18. Dari hasil yang didapat bahwa perilaku Mahasiswi dalam hal memilih kosmetik harus lebih teliti dan jeli ketika dihadapkan pada proses pengambilan keputusan. Jika salah memutuskan atau memilih untuk membeli suatu merek produk, maka akan mengakibatkan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kemudian Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku Mahasisiwi dalam memilih kosmetik ada tiga faktor yaitu faktor lingkungan, faktor ekonomi, dan faktor media informasi.


Ketersediaan

0033867KKI0133867/2x4.95/PUT/tPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33867/2x4.95/PUT/t HUKUM EKONOMI ISLAM
Penerbit SYARIAH HES : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xi; 77 hlm; 30 cm; Bibliografy 75
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x4.95
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this