No image available for this title

Text

ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN PENGUSAHA TERHADAP PEMBAYARAN ZAKAT PADA BAITUL MAL (Studi Kasus di Kabupaten Bireuen) (Nomor Skripsi 54)



ABSTRAK

Nama : Fakhrurrazi
Nim : 121008649
Fakultas/Prodi : Syari’ah dan Hukum/ Hukum Ekonomi Syari’ah.
Judul : Analisis Tingkat Kepatuhan Pengusaha Terhadap
Pembayaran Zakat Pada Baitul Mal (Studi Kasus di
Kabupaten Bireuen).
Tanggal Munaqasyah : 14 Juli 2015
Tebal Skripsi : 69 Halaman
Pembimbing I : Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA
Pembimbing II : Muhammad Yusran Hadi, Lc, MA

Kata Kunci: Tingkat Kepatuhan Pengusaha Terhadap Pembayaran Zakat Pada Baitul Mal
Di Indonesia, pembayaran zakat diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999. Pembayaran zakat pada hakekatnya dapat dianalogikan dengan kegiatan perbankan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Pertama, bagaimana tingkat kepatuhan pengusaha terhadap pembayaran zakat pada Baitul Mal di Kabupaten Bireuen. Kedua, apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pengusaha dalam membayar zakat kepada Baitul Mal Kabupaten Bireuen, ketiga, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengusaha yang tidak membayar zakat pada Baitul Mal. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analisis, dan hasil-hasil data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat kepatuhan pengusaha terhadap pembayaran zakat pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen tidak patuh, artinya kebanyakan pengusaha di Kabupaten Bireuen belum menyerahkan zakatnya kepada Baitul Mal, mereka lebih memilih untuk membagi sendiri kepada keluarga maupun tetangganya. Faktor yang mempengaruhi pengusaha dalam membayar zakat kepada Baitul Mal Kabupaten Bireuen adalah pengusaha menginginkan kepuasan batin ketika harta zakatnya langsung diberikan kepada mustahik zakat. Tinjauan hukum Islam terhadap pengusaha yang tidak membayar zakat pada Baitul Mal yaitu berdasarkan anjuran dari Nabi Muhammad SAW mengenai pemungutan dan pendistribusian kekayaan Negara memberikan bentuk kesucian kepada Baitul Mal agar bisa di distribusikan secara merata.


Ketersediaan

0033870KKI0133870/2x4.142/FAK/aPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33870/2x4.142/FAK/a HUKUM EKONOMI ISLAM
Penerbit SYARIAH HES : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii; 69 hlm; 30 cm; Bibliografy 67
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x4.142
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this