No image available for this title

Text

PERAN PEREMPUAN SEBAGAI ORANG TUA TUNGGAL DALAM MEMENUHI EKONOMI KELUARGA (Studi di Kecamatan Bebebsan Kabupaten Aceh Tengah)



ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang peran perempuan orang tua tunggal yang di karenakan suaminya meninggal dunia. Permasalahannya adalah bagaimana perempuan orang tua tunggal berperan dalam memenuhi ekonomi keluarga dan kendala-kendala yang dihadapinya. Penelitian ini merupakan field research yang dilakukan di Desa Bebesen Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Sedangkan dalam penentuan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Responden ialah perempuan orang tua tunggal berjumlah 10 orang, sedangkan informan 3 (tiga) orang yang terdiri dari sekretaris Camat Bebesen, Reje dan sekretaris Reje Desa Bebesen dan 1 (satu) orang masyarakat Desa Bebesen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya peran perempuan orang tua tunggal adalah dengan melakukan bermacam-macam pekerjaan, namun secara rata-rata profesi utama mereka adalah berdagang. Selain berdagang, mereka juga memiliki pekerjaan sampingan sebagai petani, seperti petani perkebunan kopi dan petani tanaman-tanaman muda, seperti tanaman cabe rawit, cabe merah, ubi rambat, ubi kayu (batang). Namun, sebagian dari mereka cukup hannya dengan menikmati hasil perkebunan kopi atau pertanian tanaman muda. Hasil penelitian lainnya adalah perempuan orang tua tunggal mengalami kendala-kendala dalam memenuhi ekonomi keluarganya. Kendala- kendala tersebut, seperti: waktu sulit diatur, waktu yang mereka dapatkan tidak cukup dalam keadaan mencari nafkah di luar rumah, begitu juga terhadap pekerjaan ibu rumah tangga kadang-kadang tertunda, kurangnya bercerita dan berkumpul bersama anak baik di waktu pagi maupun siang.


Ketersediaan

0033879KKI0133879/305.42/FAN/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33879/305.42/FAN/p PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
Penerbit DAKWAH PMI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
ix; 92 hlm; 30 cm; Bibliografy 90
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
305.42
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this