No image available for this title

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MELALUI METODE PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMAN 12 BANDA ACEH [No Skripsi 23]



ABSTRAK
Nama : Fitria
Nim : 291121655
Fakultas/Prodi : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Kimia
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
Melalui Metode Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hasil Kali Kelarutan Kelas XI SMAN 12 Banda Aceh
Tanggal Sidang : -
Tebal Skripsi : 69 Halaman
Pembimbing I : Azhar Amsal, M.Pd
Pembimbing II : Nurbayani, S.Ag, MA
Kata Kunci : Model Pembelajaran PBL, Metode Proyek, Hasil Kali
Kelarutan, dan Hasil Belajar

Permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep pembelajaran khususnya kimia antara lain adalah siswa kurang mampu dalam menguasai pelajaran yang erat kaitannya dengan perhitungan salah satunya pada materi hasil kali kelarutan (Ksp) sehingga tidak terjalin interaksi yang baik antara guru dan siswa dalam menyampaikan materi kimia, guru belum menerapkan secara maksimal metode pembelajaran yang tepat agar siswa mampu menguasai pelajaran teori maupun perhitungan, siswa juga masih mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep kimia dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa tidak sepenuhnya baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) melalui metode proyek pada materi hasil kali kelarutan (Ksp) di SMAN 12 Banda Aceh dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 12 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data-data numerik diolah menggunakan metode statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk instrumen penelitian soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan perbedaan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 81,05 dan untuk kelas kontrol 52,21. Selain itu berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung ˃ ttabel yaitu 27,98 ˃ 2,0315 sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL melalui metode proyek (kelas eksperimen) dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran PBL melalui metode proyek (kelas kontrol) pada materi hasil kali kelarutan (Ksp) di SMAN 12 Banda Aceh.


Ketersediaan

0034112KKI01546/FIT/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34112/546/FIT/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN KIMIA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
vii, 123 Hal.: 30 cm, Biblio: 123
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
546
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this