No image available for this title

Text

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X DI SMA N 5 BANDA ACEH (Nomor Skripsi 26)



ABSTRAK
Nama : Rati Basriani
NIM : 291121696
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/ Pendidikan Kimia
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Quantum
Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X di SMA N 5 Banda Aceh
Tanggal Sidang : 05 Agustus 2015
Tebal Skripsi : 72
Pembimbing I : Hilmi, M. Ed
Pembimbing II : Sabarni, M. Pd
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Teaching,
Hasil Belajar siswa

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kimia dan siswa di SMA N 5 terungkap bahwa banyak siswa menganggap kimia itu pelajaran yang membuat pusing. Hasil belajar peserta didik kurang optimal dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebagian belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di ditemukan bahwa pembelajaran kimia kelas X di SMA N 5 Banda Aceh masih menggunakan metode ceramah, pembelajaran seperti ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena tidak semua siswa dilibatkan dalam proses pembelajaran, sehingga hanya sebagian siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu digunakan model pembelajaran yang tepat dan disenangi siswa. Maka dari itu peneliti mencoba menawarkan model pembelajaran quantum teaching sebagai solusi mengatasi masalah tersebut.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran quantum teaching pada materi reaksi redoks kelas X SMA N 5 Banda Aceh dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional? Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran quantum teaching pada materi reaksi redoks kelas X SMA N 5 Banda Aceh?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic Uji-t dua sampel dan respon siswa di uji dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil analisis data menunjukkan nilai P-value= 0,000. Karena p-value lebih kecil dari a = 0,05 maka H0 ditolak. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran model quantum teaching pada materi reaksi redoks, dengan kategori sangat setuju dan setuju sebesar 87,93%.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa pada matei reaksi redoks di SMA N 5 Banda Aceh dibandingkan dengan diajarkan dengan model konvensional. Respon siswa sangat kuat terhadap model pembelajaran quantum teaching.


Ketersediaan

0034124KKI01541Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34124/541/RAT/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN KIMIA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x, 72 Hal.:30 cm,Biblio : 71-72
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
541
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this