No image available for this title

Text

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 1 PASIE RAJA ACEH SELATAN (Nomor Skripsi 27)



ABSTRAK


Nama : Riatmi Ariska
NIM : 291121625
Fakultas/ Prodi : Tarbiyah Dan Keguruan / Pendidikan Kimia
Judul

Tanggal Sidang
Tebal Skripsi : Penerapan Startegi Pembelajaran Peer Lesson Pada Materi Koloid kelas XI SMA Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan
: 04 Juli 2015
: 80 Halaman
Pembimbing I : Dr. H. Ramli Abdullah M.Pd
Pembimbing II : Djamaluddin Husita, M.Si
Kata Kunci : Penerapan,strategi, pembelajaran, peer lesson, sistem koloid, aktivitas , respon dan hasil belajar siswa.

Hasil observasi yang dilakukan dikelas XI SMA Negeri 1 Pasie Raja Aceh Selatan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum maksimal. Hal ini dikarenakan dalam pelajaran kimia banyak konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang abstrak dari pada yang konkret. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, guru perlu merubah cara mengajar sehingga siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul penerapan strategi pembelajaran peer lesson . Yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas Guru dan Siswa terhadap materi sistem koloid setelah penerapan strategi pembelajaran peer lesson? (2) Bagaimana respon siswa terhadap materi sistem koloid setelah penerapan strategi pembelajaran peer lesson? (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi sistem koloid dengan penerapan strategi pembelajaran peer lesson di kelas XI SMAN 1 Pasie Raja?. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Pasie Raja Aceh Selatan yang berjumlah 215 siswa. Kemudian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, respon dan hasil tes siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran peer lesson. Setelah seluruh data terkumpul lalu dianalisis menggunakan statistik uji-t sedangkan aktivitas dan angket respon siswa dengan teknik persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan strategi pembelajaran peer lesson lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada materi koloid. Hal ini terbukti pada taraf signifikan 5% bahwa thitung = 2,14 dan ttabel = 1,68. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI SMAN1 Pasie Raja Aceh Selatan.


Ketersediaan

0034125KKI01541Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34125/541/RIA/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN KIMIA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii, 80 Hal.:30 cm,Biblio : 79-80
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
541
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this