No image available for this title

Text

PENGGUNAAN MEDIA MOLYMOD PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MAN KUTA BARO ACEH BESAR (Nomor Skripsi 34)



ABSTRAK
Berdasarkan gambaran di MAN Kuta Baro Aceh Besar bahwa secara umum siswa kurang temotivasi untuk mempelajari kimia. Hal ini ditunjukkan banyak siswa kurang memperhatikan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran kimia berlangsung, strategi pembelajaran yang dilaksanakan masih berorientasi pada guru, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, kurangnya minat siswa dalam memahami materi kimia dan konsentrasi siswa kurang terfokus pada kegiatan pembelajaran kimia. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, melalui penggunaan media molymod. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media molymod terhadap: (1) Untuk meningkatan hasil belajar siswa (2) Untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa (3) Untuk mengetahui respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 mei 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk multiple choise dan angket. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, baik secara individual maupun klasikal. (2) Persentase aktivitas guru pada siklus I (75%) dan siklus II (87.5%) mengalami peningkatan. (3) Persentase aktivitas siswa pada siklus I (65.%) dan siklus II (87.5%) mengalami peningkatan. (4) Respon siswa baik dimana 96.87% siswa tertarik pada pembelajaran dengan penggunaan media molymod pada materi hidrokarbon. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media molymod pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dan respon siswa di kelas X1 MAN Kuta Baro Aceh Besar.
Kata kunci: Media Molymod, hasil belajar dan Hidrokarbon.


Ketersediaan

0034126 KKI 0134126/ 547/ MUH/ pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34126/ 547/ MUH/ p
Penerbit TARBIYAH PKM : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x, 71 Hal.: 30 cm, Biblio : 70-71
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
547
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this