No image available for this title

Text

UPAYA GURU PAI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMPN 2 BANDA ACEH [Nomor Skripsi 62]



ABSTRAK


Nama : Zarni
NIM : 211120979
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/PAI
Judul : Upaya Guru PAI Dalam Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di SMPN 2 Banda Aceh
Tanggal Sidang : 04 Agustus 2015
Tebal Skripsi : 68 Halaman
Pembimbing I : Drs. Bachtiar Ismail, MA
Pembimbing II : Mashuri, MA
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Peningkatan Baca Tulis Al-Qur’an

Kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an adalah salah satu bagian terpenting dalam Islam. Oleh karena itu, setiap umat Islam harus mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai tajwid dan harus mampu juga menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar dan rapi. Akan tetapi fenomena yang sering dihadapi sekarang ini adalah masih banyak siswa siswi yang kurang mampu membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus berupaya semampu mungkin untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa SMPN 2 Banda Aceh.
Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan sebagai berikut: Untuk mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMPN 2 Banda Aceh, untuk mengetahui upaya guru PAI dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa di SMPN 2 Banda Aceh, untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an.
Adapun metode yang penulis gunakan adalah data Kepustakaan (Library Reseacrh), yaitu dari buku-buku, membaca, mengklasifikasikan dan mengambil bahan-bahan dari pustaka yang terkait dengan masalah yang dibahas, untuk dijadikan atau diangkat sebagai landasan teori. Selanjutnya data dari lapangan (Fied Research), yaitu pengumpulan data dengan mengadakan penelitian secara langsung dilapangan dengan cara observasi, wawancara dan angket.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa siswi SMPN 2 Banda Aceh masih kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid, sedanngkan kemampuan siswa siswi dalam menulis ayat-ayat Al-Qur’an masih kurang mampu menulis dengan benar dan rapi. Siswa siswi SMPN 2 Banda Aceh masih perlu pembinaan lebih lanjut dari guru dan orang tua.


Ketersediaan

0034149 KKI 0134149/2x7.320 1/ZAR/uPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34149/2x7.320 1/ZAR/u
Penerbit TARBIYAH PAI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii; 69 hlm; 30 cm; Bibliografy 69-71
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x7.320 1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this