No image available for this title

Text

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KISAH NABI ISMA’IL A.S (Kajian Tafsir Al-Mishbah) [Nomor Skripsi 63]



ABSTRAK
Nama : Jamalizar
NIM : 211121047
Fakultas / Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Agama Islam
Judul : Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Ismail a.s
(Kajian Tafsir Al-Mishbah)
Pembimbing I : Dra. Safrina Ariani, MA
Pembimbing II : Musradinur, M.S.I

Al-Qur’an sebagai kitab suci bagi umat Islam banyak menceritakan kisah kejadian/peristiwa masa lalu tentang para Nabi dan Rasul, salah satunya adalah kisah penyembelihan Nabi Isma’il a.s yang dilakukan oleh ayahnya (Nabi Ibrahim a.s) sebagai bentuk cobaan dan ujian dari Allah swt. Berkat keimanan yang ada di dalam dada dan kepatuhan Nabi Isma’il a.s kepada orang tuanya, maka ia memasrahkan diri untuk disembelih. Berdasarkan peristiwa/kejadian dari kisah Nabi Isma’il a.s tersebut maka banyak mengandung nilai-nilai pendidikan yang dapat diaktualisasikan dan diwariskan pada era modern ini. Salah satunya adalah ketika Nabi Ibrahim a.s melakukan perintah untuk menyembelih Nabi Isma’il a.s, orang tua mana yang hidup di zaman sekarang ini yang akan merelakan anaknya disembelih oleh ayahnya sendiri yang katanya atas perintah Allah swt, dan juga karena berkat tertanamnya nilai keimanan yang kuat, keikhlasan beribadah kepada Allah swt dengan rendah hati Nabi Isma’il a.s taat, rela dan ikhlas menerima ketentuan Tuhan dan menjunjung tinggi segala perintah-Nya. Itulah alasan yang dapat dikemukakan oleh penulis sebagai latar belakang penelitian yang berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Isma’il a.s (Kajian Tafsir Al-Mishbah)”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam kisah Nabi Isma’il a.s (Menurut Tafsir Al-Mishbah). Dalam penyusunan Skripsi ini penulis menggunakan Metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode yang meliputi pencatatan, penguraian, penafsiran, penganalisaan terhadap data yang ada dan selanjutnya penulis juga menggunakan Metode Historis, yaitu suatu metode pengungkapan kembali sejarah masa lalu dengan mengeksplorasi dan menganalisis nilai-nilai edukasi yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan sekarang ini. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Library Research, yaitu suatu penelitian di mana penulis mengumpulkan data atau bahan teoritis dari bahan perpustakaan seperti membaca, menganalisa tafsir-tafsir, buku, kitab atau majalah yang ada kaitannya dengan Skripsi ini. Sedangkan teknik penyusunan Skripsi ini penulis berpedoman pada buku “Panduan Akademik dan Penulisan Skripsi Tahun 2014” yang dikeluarkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam kisah Nabi Isma’il a.s (Kajian Tafsir Al-Mishbah) adalah nilai akidah (keimanan), nilai keikhlasan dalam beribadah, nilai akhlak kepada orang tua dan nilai sosial kemasyarakatan.


Ketersediaan

0034151 KKI 0134151/2x7.3/JAM/nPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34151/2x7.3/JAM/n
Penerbit TARBIYAH PAI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
viii; 75 hlm; 30 cm; Bibliografy 75-78
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x7.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this