No image available for this title

Text

PEMANFAATAN KOLEKSI DIGITAL DAN KOLEKSI CETAK DAN PENGARUH TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI PERBANDINGAN PEMNAFAATN KOLEKSI DI PERPUSTAKAAN SMPN 3 BANDA ACEH) [Nomor Skripsi 44]



ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang Pemanfaatan Koleksi Digital dan Koleksi Cetak dan Pengaruhnya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia (Studi Perbandingan Pemanfaatan Koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 3 Banda Aceh). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menggali tingkat pemanfaatan koleksi digital dibandingkan dengan koleksi cetak terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, untuk mengetahui pengaruh tingkat pemanfaatan koleksi digital terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemanfaatan koleksi cetak terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, di mana data di kumpulkan dengan angket. Populasi penelitian adalah siswa/I kelas kelas VII1-9 sampai dengan kelas XI1-9 yang berjumlah 880 orang. Namun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang. Adapun teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan perhitungan statistik didapat nilai koefisien korelasi (R) 0,392 menunjukkan hubungan korelasi yang lemah antara variabel pemanfaatan koleksi digital dan pemanfaatan koleksi cetak dan variabel pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu sebesar 39,2%, Pengaruh atau tingkat pemanfaatan koleksi cetak lebih besar pengaruhnya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di bandingkan pemanfaatan koleksi digital dengan nilai kolerasi pemanfaatan koleksi cetak sebesar 0,40, sedangkan pemanfaatan koleksi digital sebesar 0,09. Variabel pemanfaatan koleksi cetak memiliki pengaruh atau tingkat hubungan yang rendah terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan variabel tingkat pemanfaatan koleksi digital miliki pengaruh atau tingkat sangat rendah terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Selanjutnya berdasarkan fhitung = 9.09> ftabel = 3.10, dengan nilai signifikan 0,05, maka terdapat hubungan atau pengaruh yang signifikan antara varibel independen dengan variabel dependen. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, menunjukkan bahwa variabel pemanfaatan koleksi digital dan cetak berpengaruh positif terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMPN 3 Banda Aceh yang dibuktikan dengan thitung = 4.042> ttabel = 1.66.


Ketersediaan

0034210 KKI 0134210/025/RAH/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34210/025/RAH/p
Penerbit ADAB ILMU PERPUSTAKAAN : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii; 71 hlm; 30 cm; Bibliografy 69-71
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this