No image available for this title

Text

PENGARUH TAMAN BACA KOMUNITAS TIKAR PANDAN TERHADAP REFERENSI SENIMAN ACEH DALAM MENGHASILKAN KARYANYA (Nomor Skripsi 9)



ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Taman Baca Komunitas Tikar Pandan terhadap Referensi Seniman Aceh dalam Menghasilkan Karyanya”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh antara (koleksi) taman baca Komunitas Tikar Pandan terhadap referensi seniman Aceh dalam menghasilkan karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh yang ditimbulkan oleh taman baca Komunitas Tikar Pandan terhadap referensi seniman Aceh dalam menghasilkan karyanya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 seniman Aceh yang ditentukan dengan cara purposive sample dengan kriteria bahwa responden adalah pengguna yang pernah memanfaatkan koleksi pada taman baca Komunitas Tikar Pandan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pemanfaatan koleksi pada taman baca komunitas Tikar Pandan terhadap referensi seniman Aceh dalam menghasilkan karyanya. Hal ini dibuktikan dengan lebih besarnya harga t hitung dibandingkan dengan harga t tabel untuk taraf kesalahan 5 % dengan n = 17 - 2 = 15 diperoleh t tabel = 2,131 dan untuk taraf 1 % diperoleh t tabel = 2,947. Karena harga t hitung lebih besar dari t tabel baik untuk kesalahan 5 % maupun 1 % (4,808 > 2,131 > 2,947), maka hipotesis yang berbunyi “Adanya pengaruh positif yang signifikan antara variabel X (taman baca Komunitas Tikar Pandan) dan variabel Y (referensi seniman Aceh dalam mnghasilkan karyanya)” diterima. Adapun koefisien determinasinya r^2= 〖0,7788〗^2=0,6065 yang berarti nilai rata-rata tingkat pengaruh referensi seniman Aceh dalam menghasilkan karyanya pada koleksi yang terdapat di taman baca Komunitas Tikar Pandan sebesar 60,65%.


Ketersediaan

0034213 KKI 0134213/027.6/IMA/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34213/027.6/IMA/p
Penerbit ADAB ILMU PERPUSTAKAAN : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii; 71 hlm; 30 cm; Bibliografy 69-71
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
027.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this