No image available for this title

Text

PENGARUH METODE PROYEK YANG DILENGKAPI DENGAN KOMPENDIUM AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-B PADA MATERI HIDROKARBON DI SMA ISLAM AL-MUJADDID KOTA SABANG [No. Skripsi 49]



ABSTRAK
Nama : Rahmad Zulfadli
NIM : 291121664
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Kimia
Judul : Pengaruh Penerapan Metode Proyek yang Dilengkap Kompendium Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X-B Pada Materi Hidrokarbon Di SMA Islam Al-Mujaddi Kota Sabang
Tanggal Sidang : 05 Agustus 2015
Tebal Skripsi : 159
Pembimbimg I : Dr. Maskur, MA
Pembimbing II : Riza Zulyani, M.Pd
Kata Kunci : Hasil belajar, aktivitas siswa, respon siswa, Hidrokarbon, Metode Proyek Yang Dilengkapi Kompendium Al-Quran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa terhadap metode proyek yang dilengkapi kompendium al-quran dibandingkan dengan metode ceramah, untuk mengetahui aktifitas siswa selama pembelajaran menggunakan metode proyek yang dilengkapi kompendium al-quran, untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan metode proyek yang dilengkapi kompendium al-quran. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Mujaddid Kota Sabang. Metode penelitian yang digunakana adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel secara proposive sampling, sampel penelitian berjumlah 19 orang siswa kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan 17 orang siswa X-A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembaran observasi, angket, dan hasilnya di uji menggunakan uji t.
Hasil Penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan penerapan metode proyek yang dilengkapi kompendium Al-Quran lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan dengan penerapan metode proyek yang dilengkapi kompendium Al-Quran dalam pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon. Hal ini dibuktikan dengan uji-t yaitu thitung ≥ ttabel atau 4,24 ≥ 1,9. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode proyek yang dilengkapi kompendium Al-Quran memperoleh nilai yang sangat tinggi yaitu 89,5%, Hal ini sesuai dengan kriteria aktivitas siswa dimana 76 - 100 % = Sangat baik. Sedangkan Respon siswa setelah diterapkan penerapan metode proyek yang dilengkapi kompendium Al-Quran siswa yang memilih jawaban “Setuju” pada lembar kuesioner adalah 94.7%, sedangkan yang menjawab “Tidak Setuju” sebanyak 5,3%.
Siswa telah berperan aktif dan sudah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan metode proyek yang dilengkapi kompendium al-quran.


Ketersediaan

0034246KKI01547/RAH/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
34246/547/RAH/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN KIMIA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
ix, 122 Hal.: 30 cm, Biblio: 122
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
547
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this