No image available for this title

Text

STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MUQ (MADRASAH ULUMUL QUR'AN) PAGAR AIR ACEH BESAR [No. 74]



ABSTRAK


Nama : Nurasyiah
NIM : 211121011
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Judul Skripsi : Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MUQ Pagar Air Aceh Besar
Tanggal Sidang : 17 Desember 2015
Tebal Skripsi : 114 Halaman
Pembimbing I : Dra. Hj. Raihan Putry, M.Pd
Pembimbing II : Zulfatmi, M.Ag
Kata Kunci : Strategi Guru Tahfidz Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an di luar kepala merupakan salah satu usaha yang paling efektif dalam menjaga kemurnian Al-Qur’an. Pengajaran Al-Qur’an merupakan salah satu fondasi di dalam Islam, sehingga anak-anak tetap tumbuh di atas fitrahnya. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang dilakukan dan disusun oleh pendidik. Salah satu lembaga pendidikan di Aceh Besar yang mengajarkan Al-Qur’an di tingkat menengah adalah MAS/MTsS Ulumul Qur’an (MUQ) Pagar Air, namun dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an khususnya pembelajaran tahfidz (hafalan) selama ini sering mendapat kendala-kendala yang dapat menghambat berlangsungnya pembelajaran, baik kendala yang datangnya dari siswa, guru ataupun faktor-faktor lain yang berkaitan dengan pembelajaran tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, apa saja kendala pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dan bagaimana solusi terhadap kendala pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MUQ Pagar Air. Penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan) bersifat deskriptif analisis kualitatif, didukung dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian 1) Strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MUQ Pagar Air sudah diterapkan secara maksimal, hal ini terlihat dari kedisplinan guru, metode yang bervariasi. 2) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran tahfidz,masih ada siswa yang kurang lancar membaca Al-Qur’an serta memiliki sifat malas dan masih ada siswayang sering lupa pada hafalan sebelumnya yang sudah dikuasai. 3) Lingkungan luar MUQ Pagar Air dapat menjadi penghambat, bila pergaulan tersebut berdampak negatif seperti kebiasaan membolos dan melanggar peraturan, hal tersebut dapat mengganggu proses/target hafalan.


Ketersediaan

0035446KKI012X1.12/NUR/sPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
35444/2X1.12/NUR/s
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x, 98 Hal.: 30 cm, Biblio: 95-98
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1.12
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this