No image available for this title

Text

HUBUNGAN STRATEGI MENGAJAR DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS ABULYATAMA ACEH BESAR (Nomor Skripsi 76)



ABSTRAK

Skripsi ini berjudul “Hubungan strategi mengajar dan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam ''. Adanya kesenjangan hasil belajar adalah wujud kesalahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan metode ajar dan gaya belajar siswa merupakan dua definisi yang berbeda namun harus satu bagian dalam pembelajaran. Berbeda cara dalam menerapkan strategi dengan gaya yang dimiliki siswa akan menghasilkan hasil belajar yang kurang maksimal. SMAS Abulyatama dalam penerapan strategi mengajar belum sepenuhnya tepat dengan gaya yang dimiliki siswa, sehingga hasil belajar siswa belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana strategi mengajar guru Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui bagaimana gaya belajar siswa di SMAS Abulyatama Aceh Besar serta untuk mengetahui bagaimana hubungan strategi mengajar guru dan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMAS Abulyatama Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIA yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini adalah Porpusive Sample dengan sampel telah ditentukan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Field Research (penelitian lapangan) dan Library Research (penelitian perpustakaan) didukung dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis serta data yang didapatkan melalui tes diolah dengan cara penggabungan semua hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan guru dalam mengajar adalah strategi ekspositori dan inquiri, kedua strategi ini menunjukkan kepada metode tanya jawab dan ceramah. Sedangkan gaya yang dimiliki siswa adalah gaya kinestetik karena jumlah siswa laki-laki mendominasi. Berkaitan dengan hubungan strategi dan gaya terhadap prestasi siswa terdapat kesenjangan karena strategi yang diterapkan berbeda dengan gaya yang dimiliki siswa sehingga hasil belajar rendah.


Ketersediaan

0035666KKI0135666/2X7.31/MAY/hPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
35666/2X7.31/MAY/h
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN AGAMA : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
x, 81 Hal.: 30 cm, Biblio: 79-81
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.31
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this