No image available for this title

Text

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LERNING (CTL) PADA MATERI GAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV MIS LAMGUGOB BANDA ACEH (Nomor Skripsi 30)



ABSTRAK

Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru dituntut harus aktif, kreatif dan inovatif dalam memilih metode dan pendekatan yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada siswa, salah satunya menggunakan pendekatan CTL. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA adalah pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). CTL adalah pendekatan konsep belajar yang membantu guru untuk mengaitkan antara materi pelajaran dengan dunia nyata, dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan CTL di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIS Lamgugob Banda Aceh yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research class) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu rancangan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes siswa pada setiap siklusnya, hasil tes siklus I, 15 orang tuntas (57,7%) dan 11 orang tidak tuntas (42,3%), sedangkan pada siklus II, 23 orang tuntas (88,5%) dan 3 orang tidak tuntas (11,5%). Respon siswa terhadap penerapan pendekatan CTL di kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh adalah 47,70% siswa menyatakan sangat setuju, 20,77% siswa menyatakan setuju, 16,52% siswa menyatakan tidak setuju dan 15,01% siswa menyatakan sangat tidak setuju.


Ketersediaan

0033821KKI0133821/371.3/RAH/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33821/371.3/RAH/p
Penerbit TARBIYAH PGMI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xiii; 95 hlm; 30 cm; Bibliografy 93
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this