No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMEN (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V MIN TUNGKOP ACEH BESAR (Nomor Skripsi 31)



ABSTRAK
Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai. Dari hasil observasi di kelas V2 MIN Tungkob, masih terdapat kekurangan pada pembelajaran seperti: kurangnya pengetahuan guru tentang model pembelajaran dan masih rendahnya hasil belajar siswa. Model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran dimana siswa bekerja secara berpasangan dalam kelompok dan bergantian secara lisan menjelaskan materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan di kelas v2 min tungkob Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V2 MINTungkob Aceh Besar, adapun materi yang diajarkan pada kelas tersebut adalah perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Data diperoleh tes dan angket, tes dilakukan dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan analisis persentase sesuai dengan kriteria keefektifan yang telah ditentukan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, pada siklus I, hasil belajar siswa masih rendah atau belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 63,89%. pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat baik dengan persentase nilai adalah 88,88% yang telah mencapai ketuntasan klasikal, respon belajar siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) sangat positif. Penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori sedang dan tuntas.


Ketersediaan

0033822KKI0133822/371.39/SYA/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
33822/371.39/SYA/p
Penerbit TARBIYAH PGMI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
viii; 59 hlm; 30 cm; Bibliografy 58
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
371.39
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this