No image available for this title

Text

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI SKI PADA SISWA KELAS VII MTsN MONTASIK ACEH BESAR [No. Skripsi 31]



ABSTRAK

Nama : Nilawati
NIM : 211020413
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Mind Mapping dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Materi SKI pada Siswa Kelas VII MTsN Montasik Aceh Besar
Tanggal Sidang : 02 Februari 2015
Tebal Skripsi : 62 Halaman
Pembimbing I : Muji Mulia, S.Ag, M.Ag
Pembimbing II : Heliati Fajriah, MA
Kata Kunci : Penerapan Model Mind Mapping, pada Siswa Kelas VII MTsN Montasik

Dalam proses belajar mengajar, guru menempati posisi penting dan penentu berhasil tidaknya pencapaian suatu proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan guru. Dengan model Mind Mapping ini dapat meningkatkan penguasaan konsep belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam pelajaran SKI. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang peningkatan penguasaan konsep pada materi ski dengan menerapkan model Mind Mapping pada siswa kelas VII MTsN Montasik.

Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana peningkatan penguasaan konsep materi SKI melalui penerapan model Mind Mapping di Kelas VII MTsN Montasik? Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Mind Mapping terhadap konsep materi SKI? Bagaimana respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.

Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTsN Montasik Aceh Besar sebanyak 19 siswa. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan penyebaran angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data penulis mengunakan analisis deskriptif (persentase). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Secara keseluruhan, hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model ini berdasarkan hasil data dapat melalui model pembelajaran Mind Mapping pada pemahaman konsep materi SKI dapat meningkatkan penguasaan konsep sebesar 82,5%.

Hasil belajar siswa sebesar 87,36%. Respon siswa selama mengikuti proses belajar dengan menggunakan model Mind Mapping yang paling tertinggi sebesar 63%. Respon siswa dalam pembelajaran ini berarti positif karena siswa senang belajar dan mudah memahami dengan menggunakan model pembelajan mind maping ini.


Ketersediaan

0034130KKI012X7.37/NIL/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (RUANG SKRIPSI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X7.37/NIL/p
Penerbit TARBIYAH PAI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xi, 62 Hal.: 30 cm, Biblio: 61-62
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7.37
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this