No image available for this title

Text

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA BENDA TIRUAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI VIRUS



ABSTRAK
Media pembelajaran adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau bahan pembelajaran, media memegang peran yang sangat penting. Keberhasilan pendidikan itu, tergantung dari pendidik yang menyajikan pembelajaran itu lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Salah satu media pembelajaran biologi adalah media gambar dan media benda tiruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar materi virus antara siswa yang dibelajarkan dengan media gambar dan siswa yang menggunakan media benda tiruan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 November 2015 sampai dengan tanggal 3 Desember 2015 di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode True Experiment. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan X1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada kelas X2 dan X1 berbeda, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 79,5, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol diperoleh 68,3 dengan standar deviasinya adalah 12,38. Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa penggunaan media gambar dan media benda tiruan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai statistik uji-t dengan taraf signifikan 0,05 yaitu t hitung ˃ t tabel atau 3,10 ˃ 1,68. Keaktifan dan fokus perhatian siswa lebih bagus kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Hal ini telihat dari lembar observasi siswa. Nilai rata-rata persentase kelas eksperimen adalah 82%, sedangkan nilai rata-rata persentase kelas kontrol adalah 66%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan media gambar dan siswa yang menggunakan media benda tiruan dan siswa lebih aktif dan fokus pada kelas eksperimen daripada kelas kontol pada materi virus di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Banda Aceh.


Ketersediaan

0035400KKI01579.2/NUR/pPerpustakaan UIN Ar-Raniry Banda AcehTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
579.2/NUR/p
Penerbit TARBIYAH PENDIDIKAN BIOLOGI : Banda Aceh.,
Deskripsi Fisik
xii, 117 Hal.: 30 cm, Biblio: 62-63
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
579.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this